Belajar Git Uncategorized

Membatalkan Commit Terakhir (–amend) #03.

Assalamualikum wr.wb. Masih di pembahasan Git. Setelah pada tutorial ke 2 kita mempelajari tentang checkout yaitu sebuah cara untuk kembali ke versi lama tanpa mengahapus versi terbaru atau secara gampangnya loncat ke versi-versi yang kita inginkan. Pada Tutorial Ke 3 ini kita akan membahas tentang bagaimana membatalkan commit terakhir yaitu menggunakan perintah –amend. Baik langsung saja kita praktek. Saya posisikan kita telah membuka folder tes dengan git bash. Pertama kita akan membuka file1.txt dan menambahkan kata ament dibawah kalimat pertama.

  1. Buka kembali file1.txt pada folder tes di local komputer kemudian tambahkan kata amen di bawah kalimat pertama “Commit Kalimat Pertama File1.txt”. Kemudian lakukan proses menyimpanan pada local komputer dengan perintah git add enter, kemudian git commit -m ” Simpan Amend”.
  2. Berarti saat ini kita sudah berhasil merekam/menyimpan perubahan file1.txt pada local komputer. Cek history perubahan dengan perintah git log. Terlihat sekarang kita telah memiliki 3 histori, yang pertama berisi pesan ” Commit file pertama” ,yang kedua “Commit Kalimat Pertama File1.txt” dan ketiga atau yang terakhir “Simpan Amend“.
  3. Kita akan lakukan pembatalkan penambahan kata amen dan mengganti pesan “Simpan Amend” menjadi “Batalkan Commit“.  Buka kembali file1.txt kemudian hapus kata amend pada baris kedua. Selanjutnya jalankan perintah git commit –amend -m “Batalkan Commit”. 
  4. Cek kembali history dengan perintah git log. Maka pesan commit sudah berganti dan buka kembali file1.txt maka kata amend telah hilang dan file1.txt kembali.

NB : Fungsi amen ini sebenernya digunakan untuk mengedit apa yang telah kita commit, sebab dalam praktek tetap ada 3 commit yang terekam/tersimpan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Powered by: Wordpress